Majalengka Kota Apa?

Sewaktu tahun 1990-an Majalengka mendefinisikan dirinya sebagai Kota ibadah. Ibadah merupakan kependekan dari-kalau tidaksalah-iman, bersih, aman, damai, dan hijau. Waktu itu jalan utama yang membelah kota Majalengka masih bernama Jalan RA Siti Hartinah (alias Ibu Tin Suharto).

Majalengka juga dikenal sebagai Kota Pensiunan. Ini disebabkan karena, konon, di Majalengka banyak bermukim generasi sepuh yang tetirah menikmati masa tuanya. Belum pernah ada yang mengungkap bagaimana kebenaran julukan ini.

Yang lebih akrab di benak masyarakat justru julukan Majalengka Kota Angin. Tak musim hujan, tak kemarau, hembusan anginnya selalu khas Majalengka. Apakah ini karena pengaruh letak geografisnya yang dekat Gunung Ciremai. Entahlah. Klaim inipun belum pernah ada pembuktian ilmiahnya (tidak seperti Bogor Kota Hujan, misalnya).

Dari situs BAPEDA Majalengka diketahui bahwa ternyata Majalengka memiliki potensi khas di antaranya sebagai produsen jagung terbesar se-Jabar, produksi buah mangga gedong, dan ekspor kerajinan rotan.
Namun ada perkembangan menarik(?) lainnya yang belakangan ini terjadi. Perkembangan itu terjadi di Kadipaten (salah satu kecamatan strategis di Majalengka). Sesaat setelah Pabrik Gula Kadipaten diruntuhkan (ctt:pabrik itu peninggalan Belanda dengan konstruksi bangunan yang kokoh), masyarakat masih menebak-nebak mau dijadikan apa gerangan lahan yang begitu luas. Sekarang sudah tampak bahwa ternyata di lahan itu akan dibangun Kadipaten Trade Center dan area perumahan. Akankah Majalengka menjelma jadi Kota Dagang.

Tak hanya itu, beberapa tahun terakhir, bermunculan Sekolah dan Lembaga Pendidikan di Majalengka. Sekolah Tinggi yang berlokasi di Kota Majalengka akhirnya bersatu membentuk Universitas Majalengka (Unma). SMK TI pun turut hadir seolah menyambut kebutuhan zaman. Apakah ini setapak jalan menuju Kota Pendidikan?

Rencana pembangunan Bandara Internasional pun turut mewarnai dinamika perkembangan Majalengka. Bandara yang dimaksudkan menggantikan fungsi Bandara Soekarno-Hatta itu rencananya mulai dibangun 2010. Mungkinkah ini pintu kecil menuju Kota Internasional?
Modernitas macam apa kiranya yang akan menyergap Majalengka beberapa tahun ke depan.

Kota Ibadah. Kota Pendidikan. Kota Dagang. Kota Internasional. Atau jangan-jangan Majalengka bukanlah sebuah Kota?

About these ads

95 Balasan ke Majalengka Kota Apa?

  1. Oman Sunarman mengatakan:

    Ya, dari paparan di atas, saya sbg warga Majalengka yang bermukim di Jakarta memiliki asumsi yang sama terhadap kota tersebut. Majalengka tidak lebih sebagai kota yang sepi, jauh dari hiruk-pikuk kegiatan bisnis, dan lalu-lintas yang sepi. Makanya orang bilang sebagai “kota pensiun” !!!

  2. majalengka mengatakan:

    Saatnya mempensiunkan “Kota Pensiun” ??

  3. Fahrudin Muhtarulloh mengatakan:

    saya selaku mahasiswa yang berasal dari majalengka merasa bangga menemukan situs ini.moga2 kedepannya kabupaten majalengka yang kita cintai bersama ini dapat secepatnya berkembang dan maju dalam segala bidang menyusul kabupaten- kabupaten tetangga semisal Kuningan,Tasik,Sumedang bahkan Cirebon.A….min.
    Akan tetapi untuk saat ini ada yang ingin saya utarakan prihal keadaan prasarana jalan raya yang menghubungkan Bantarujeg sebagai tempat kelahiran saya dengan Talaga ke arah timur dan Ciamis kearah selatan mohon ada perhatian yang lebih lagi karena apa? karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa prasarana yang satu ini sangatlah penting dilihat dari berbagai sektor kehidupan.sekian terima kasih.

  4. arman mengatakan:

    jika kila melongok sekitar majalengka baik potensi kekayaan alam maupun perkembangannya cukup signifikan relatif lebih maju, namun kita semua semoga bisa tergerak untuk lebih peduli mengembangkan dan memajukan majalengka yang relatif tertinggal jauh semoga dengan areal yang suport untuk dikembangkan sebagai aero city ” paheuyeuk2 leungeun ” untuk mensukseskannya ” baik unsur pemda/pemerintah terkhusus rakyat majalengka segera terwujud sebuah bandara yang insya alloh akan menjadi pendorong yang sangat kuat untuk menjadi lebih baik dimasa mendatang dlm segala bidang dan ini sangat diperlukan efort yang gigih dari kita semua kemauan ketulusan keikhlasan memberi manfaat untuk lingkungan dimana kita berada…amin.

  5. netta mengatakan:

    Dari jakan “baheula” emang kabupaten kita ini tidak punya identitas yang kuat dan menonjol, coba saja tengok dari makanan khasnya hampir tidak ada, kalaupun ada yang klaim itu khas majalengka tapi di daerah yang lain pun itu ada. Beda dengan “tetangga” kita seperti Cirebon atau Sumedang dari segi budaya saja mereka sudah punya khas.

  6. arman mengatakan:

    so many alternatifs, istilah manstranya pamali jika kita berkata tdk bisa or tdk mungkin, kt semua khususnya putra putri maja harus yakin jika kita bisa stright on maja…nd succes will be blassed by God !

  7. andri mengatakan:

    majalengka teu punya ciri khas nu menonjol,polisi lalulintas na ge te geblek.puntenya mun kasinggung da iye teh ngan saukur kritikan

  8. indra (Planologi UNPAS Bandung) mengatakan:

    Justru ciri khas Majalengka adalah gak punya ciri….
    sepiii…objek wisatanya gak bisa di jual….mungkin karena Pemkab majalengka oge nu teu tiasa ngajualna…
    Majalengka gak punya landmark yang bisa di banggakan…bikin landmark atuh….kumaha pemerintah Kab. Majalengka…???
    ato…landmarknya yang itu tea…patung petani beserta keluarga…???
    boleh juga…

  9. yang peduli majalengka mengatakan:

    saya tau ciri khas majalengka, adalah……….banyk PUNGLI,satpol lalu lintas yang pada aneh dan jalan itu dijadikan sbg sarana mencari uang,dgn cara NILANG BROOW!!!jeung tara berprikemanusiaan…haruz_y polisi lalu lintas teh kudu nertib keun jalan lain neangan duit. nya lain geus di gajih,oooh gajih na beak di pake bayar ka BPD,mabok,jeung sajabana.

  10. MADZ mengatakan:

    SAYA MAHASISWA DESAIN PRODUK..YANG SAAT INI SEDANG MENELITI TENTANG KOTA MAJALENGKA…

    BUTUH BANTUAN NYAH EUY….

  11. MADZ mengatakan:

    SAYA TEH MAU SURVEI KE SANAH…
    BUTUH SESEORANG YANG PUNYA KEPEDULIAN YANG TINGGI AKAN KOTANYAH (MAJALENGKA TENTUNYAH..) DAN MAU DAN BISA JADI TOUR GUIDE LAH BAHASA KERENYAMAH…

  12. Ale mengatakan:

    Saya asli urang Majalengka, tapi ayeuna tos 7 tahun teu uih ka lembur, mindel di Riau. lamun ningali dikajauhan Majalengka teh kayaknya masih sepi mungkin leuwih sepi deui. atuh da dikapungkur ge PEMDAna molor wae. Cik atuh ulah kubangga dipimpin ku Awewe, ngalanggar sunnah euy. Kumaha Ulama Majalengka mararindel wae isin atuh…….

  13. agus ali nurdin mengatakan:

    ana asli majalengkam sekarang kaerja di jogja. ana salut dengan majalengka yang selalu tepat dalam membuat visi dan misi kedepan, trapi sayang apliikasinya tidak sesuai dengan yang dibuat…love u majalengka

  14. muhtar(Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan 2006 mengatakan:

    Majalengka SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Saya akan terus berusaha untuk memajukan Majalengka. bagi orang MAjalengka yanga ga bangga dengana Majalengka, buat dong sebisa mungkin Majalengka dapat kamu banggakan!!!!!! Jangan hanya mencemooh!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. muhtar(FakultasTeknikSipil&Lingkungan mengatakan:

    Majalengka, Buktikan KIta BEDA!!!!!!!

  16. muhtar(Fak.Tek.Sipil&Lingkungan ITB) mengatakan:

    Majalengka, KOTa Cosmopolitan gtl!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. dedi(site in cikarang) mengatakan:

    majalengka cosmo city ?..so what

  18. firdha zeini mengatakan:

    kita harus berbangga tentang apa yang telah diberitakan sampai sekarang tentang bandara internasional, kita harus optimis mjlngka pasti bisa jadi aerocity, karena kita liat bandung nnti besar sperti jakarta, belum punya bandara international. KITA BERDOA BERSAMA DAN OPTIMIS, jangan PESIMIS apa untungnya pesimis, tidak ada kan.

  19. lianie mengatakan:

    wah dah banyak yang comment. ikutan ah….
    ak asli orang majalengka. Dimanapun berada tetap aku orang majalengka. Setiap 2 bulan sekali sy mudik ke majalengka.

    Temen2ku dari berbagai daerah dan latar belakang sangat tertarik mendengar ceritaku seputar kampung halaman. Mau tahu apa kata mereka “Kampung halamanmu unik…”, “asyik ya kampung halaman mu”.
    so untuk semua PD aja lagi jd orang majalengka. Masing-masing dari kita adalah utusan untuk membangun image Tergantung kita mengemasnya…….

  20. Wahyu Kurniawan mengatakan:

    Hehehe.

    Saya udah gak bisa ngomong apa-apa lagi tentang Majalengka. Kayaknya semuanya sudah ditulis disini.
    1. Kota Pensiun
    2. Kota Angin
    3. Kota Sepi
    4. Kota Pendidikan? Hmmm
    5. Kota Cosmopolitan? Is it real, I hope so. In the future (^_^)
    6. Gak punya budaya
    7. Gak punya oleh-oleh buat dibeli alias gak punya makanan khas
    8. Gak punya ciri khas? (Sepertinya ada lihat point 1,2, dan 3)

    Some times gw pulang ke Majalengka, itu hanya karena masih ada keluarga di sana. So, mestilah gw pulang buat ngalongok mamah + papah (baca: ibu dan bapak).

    Karunya euy ditinggalkeun wae di lembur. Jaba ayeuna geus sepuh.

    Sekiah lah.
    Mangga lajengkeun!

  21. Dian Mayasari mengatakan:

    Jujur…
    saya harus bangga ma daerah tempat tinggal sendiri. di kampus, ga habis-habisnya saya membuat penelitian tentang majalengka dari mulai Perencanaan Wilayah, Agribisnis, Industri, sampai hal-hal kecil seperti keberadaan lampu merah yang sangat sedikit, meski itu jadi bahan cibiran orang..saya ga pernah nyerah ngebela daerah saya. suatu saat Insya Allah…saya mo ikut berpartisipasi mengembangkan semua potensi yang ada di Kabupaten majalengka. so…doain saya lulus kuliah tahun depan!

    • Hartono R Warsito mengatakan:

      potensi majalengka sangat meyakinkan,,,dari mangga,beras,juga bisa di buat cendera mata golok,,,karena saya pernah di bawain oleh-oleh golok,yang lumayan bagus dari desa banjaran,kec.rajagaluh,,,suasana sepi dan sejuk dapat menenangkan hati…klo saya punya duit saya bangun hotel sekaligus tempat liburan di majalengka..

  22. dede MF mengatakan:

    abdi salaku warga majalengka ngaraos bungah kana website ieu, memang tos kedahna urang teh kitu, ngabuktikeun yen urang teh ngagaduhan kota anu teu beda, anu teu asing sareung kota2 anu aya di sakulilingna (cirebon,sumedang,kuningan,indramayu dll.) margi kan salami ayeuna ieu, jalmi nu di luar jawabarat langkung apal ka majalengka teh ngan saukur jatiwangi sareung kadipaten wungkul. kumargi kitu, mugia ku ayana rencana pembangunan bandara di kertajati (mugia enggal di realisasikeun amin). tiasa ngajantenkeun hiji bukti yen kota majalengka tiasa langkung sae tinimbang kota-kota nu sanesna.sareung mugia pembangunan infrastruktur di majalengka sing tiasa merata ka kampung-kampung nu aya di daerah majalengka hilir, ulah ngan saukur pembangunan teh diberdayakeun di daerah kotana bae…..sakian ti pribados…..hampunten kasadayana:)

  23. aa maman mengatakan:

    teu aya nu goreng di majalengka, ih kotana sepi, tentrem, wargana saroleh, mudah-2an pejabatna teu aneh-aneh jiga kapungkur, mudah-2an bisa ngemban amanah,
    rindu ku angin majalengka, inget sakola ti sd sampe sma, pt di bdg, pernah ngurusanan pabrik genteng anu kolot di sukaraja wetan-jtw, ayeuna gw profesi di jkt, hoyong panggih urang mjl di jkt, tp ayeuna di jkt, araya babaturan di smp 1 lulusan th 79, sman 1 llsn 1982? hayu silaturahim nya, di antos, wassalamualaikum ww

  24. ARI mengatakan:

    mari kita sama2 mendo’akan semuga majalengka pada khususnya
    and kota cirebon pada umumnya menjadi kota yang akan kita banggakan
    Cirebon aero city / kertajati aero city

    kami dari Forum Silaturahmi dan Komunikasi
    FORSIKA Pelajar, Mahasiswa, Pekerja & Pengusaha Se Wilayah III Cirebon
    ( Cirebon, Kab Cirebon, Kuningan , Majalengka, Indramayu )
    yang ada di bekasi ( http://www.forsika-cirebon-subscribe@yahoogroups.com ) see…website

    mengharapkan semoga Planning yang diharapkan pemerintah menjadi kenyataan
    CIREBON sebagai Central Transortasi di Jawabarat, and semoga Cirebon menjadi Pusat Bisnis
    amin…

  25. MT-Revolution mengatakan:

    Salam Kenal dari kami,
    FORUM KOMUNIKASI GENERASI MUDA
    MT-REVOLUTION
    Basecamp: Jl. Raya Banjaran No. 03
    Desa/Kec. Banjaran – Majalengka
    085222441555

  26. MT-Revolution mengatakan:

    MT-Revolution akan ngadain TOUR MOTOR JAWA BALI Tanggal 19 – 26 Desember 2007. Info dan Pendaftaran 085222441555

  27. ASEP_JABLAY mengatakan:

    KOTA PANG RABIGNA JALAN………………..
    KUMAHA YEUH CEU TUTTY?????
    KADE PAMI TOS JANTEN WAKIL GUBERNURMAH PIARA JALAN SING APIK DA AI JALAN BUTUT TEH NYILAKAKEUN……………..

  28. Ceu Tutty mengatakan:

    Satuju Sep… kade mun jalan geus bener ulah sok kebut-kebutan dijalan. etage sarua bisa nyilakakeun… lain kitu Sep?

  29. azaiwa mengatakan:

    majalengka?
    mungkin tengah menunggu anak seorang bangsa arya yang sejenak lagi akan tiba
    dan menjadikan majalengka
    seperti JERMAN

  30. goesheri mengatakan:

    MAJALENGKA …. MAJU !!!

    Majalengka memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), memang kalo di bandingkan dengan Kabupaten-kabupaten lain yang ada di Jawa Barat, Kabupaten Majalengka ini masih tertinggal. Tapi tahukah anda … MAJALENGKA MAJU, bila kita semua BEKERJA untuk memajukannya. Salahsatunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (Internet).
    Kita komunikasikan dan informasikan SDA/SDM Majalengka, sampai menyebar dan mengakar.

    Memang teknologi Internet ini masih terbilang mahal, namun bila kita semua mau saling membantu akan terwujud MAJALENGKA MAJU.

  31. dede surya mengatakan:

    punten bade ngiringan,……………….

    aya nu terang,perkawis perkembangan bandara di kertajati,
    cios atanami henteu????

    salam kasadayana………

  32. ichwan mengatakan:

    Banzaaaaiiii Majalengka…….
    saya asli orang Majalengka. Tapi dah hampir 8 tahun ninggalin Majalengka. Jadi ngomong sundanya dah gak karuan. Hampir seluruh kota di Jateng dan Jabar aku pernah singgahi dan saya selalu berusaha membandingkannya dengan kota kelahiran.
    Semua komentar diatas banyak benarnya. tapi yang jelas, semua kota ada kelebihan dan kekurangannya. dan klo dibahas dsini kayaknya akan makan waktu yang tidak sedikit.
    Saya di Surabaya, adakah orang majalengka yang kerja atau kuliah dsini?
    Adakah ikatan mahasiswa majalengka ada??
    Mohon bantuannya.Arigato Gozaimasta (cloud_deen@yahoo.com)
    Sukses majalengka!!!!!!!!!

  33. dimas thea mengatakan:

    majalengka sepi?????
    mendingan gitu atuh, biar majalengka tetap jadi kota ibadah, ga kena prostitusi tw yang laenya. buktinya kemarin gempa d indramayu, di majalengka ga krasa gede-gede amat. eh krasa gedenya malah di jakarta+bandung. mendingan gitu lah, biar jauh dari bencana, banyak keluarga uy dsana teh….cayyooo majalengka!!!

  34. Si anak hilang mengatakan:

    MAJALENGKA…..
    Majalengka adalah tempat kelahirankoe,
    Tepatnya disebuah kota TUA…(Kota TALAGA karuhun tea),banyak kenangan pait jeung manisnya sewaktu akoe msh kecil hidup di TALAGA majalengka,sejelek-jeleknya majalengka akoe tetap cintA kampoeng halamankoe(TALAGA majalengka)..
    Entah…
    Kapan akoe kembali ke kampoeng halamankoe,kadang dibenakkoe majalengka sekarang lebih maju dari yang dulu MUNGKIN.؟
    Majalengka….
    Akoe rindu kamU…
    Akoe cintA kamU…
    Akoe pasti akan kembali….
    Hendraka_@flurry.com

  35. goles mengatakan:

    assalamualaikum…nya…….syukur majalengka tiasa berubah..tapi abditeu tiasa langsung ningali..abdi tos lami teu acan uih ka kampung halaman ayeuna aya di JAPON,kuliah di negeri sakura,abdi bangga,ternyata orang majalengka seueur anu tiasa angkat ka luar negeri,abdi nuhunkeu ka pamarintah majalengka supados SDM majalengka teh di utamikeun supados tiasa maju sapertos nagara Japon,ku naon Nagara Japan tiasa maju…??? atuh da ari orang2 jepang mah tingkat kasadarana oge kuat,abdi hoyong urang majalengka sapertos orang jepang…patuh kana hukum..sadar,ulah sakrep sorangan..begitu oge ka pamarentah na..kudu ngartos kahoyong warga masyarakat…hayu urang majukeun majalengka jadi kota anu terkenal sa indonesia…sa dunya internasional…abdi hoyong nitip pesen ka bapa POLANTAS supados;
    1) upami pembuatan SIM(surat Izin Mengemudi) teu kengin aya sistim tembak,supados angka kecelakaan berkurang….
    hatur nuhun,hapunten ka sadayana upami aya anu teu genah,da ieu mah saran abdi sebagai warga asli Majalengka…………..
    WASSALAMMMMMMMM

  36. Ari hartanto mengatakan:

    saya ari selaku mahasiswa merasa kecewa dengan kabupaten majalengka yang tidak mengedepankan tehnologi,,. tadinya saya mau kuliah di UNMA tapi kekurangannya tidak ada Wi-fi/hotspot.

    by ari di cisoka

  37. SMK YPPT Majalengka mengatakan:

    Tulung……..tulung………, kumaha iue……….
    majalengka teh teu maju2 di bidang tehnologiiiiii…………. tulung…tulung jadina katinggalen…zaman pisan……….

  38. wanto ti cisoka mengatakan:

    kunaha majalengka teh teu maju-maju khususna di bidang teknologi&komunikasi, eleh keneh ku kuningan,… punten ieu mah cuma saran supados tiasa ngabangkitkeun semangat majalengka,.. Ammiin…..

  39. Majalengka……….??
    pOlisi LanTas’y pd mAta dUitAn,,
    mAsa gW k sAna d tiLang!!
    wAh emAnk ga bErsaHabat tUh pOlisi..
    seEnak’y aJa niLang oRng kOta ciReBon,, huPh.. thAi.. aNjhiNk!! pDhL gW k sAna cUman mO jAlan” tAukH..
    oKeh gw dOa’in dWeh biar koTa’y mJlngka bisA kYk koTa cIrebOn yG dAh pNya bNyk gEdunG tiNgkaT dAn mNjadi buSy ciTy (kota sibuk) sims like cireBon ciTy,, RigHt!!
    -pEacE fRom Me-
    (bUt I tHink tHis ImPossiBle cAn bE siMs cirEbOn ciTy,, Haha…..)

  40. irmenx mengatakan:

    Ayoo Majalengka, maju terus..
    ngenaan ngadirikeun provinsi bareng Cirebon thea, saya asli TEU SATUJU..
    cik atuh di analisis deui sing mateng…
    tonk sagawayah…
    rahayat alit rek dikamanakeun?
    Pajak wae masih eleh ku kab. kuningan…?!?!?!

    Ayoo sumanget urang majalengka sadayana…

  41. fathir mengatakan:

    majalengka adalah kota ??????????????????

    manusia dnooooooook

  42. egy mengatakan:

    abdi salaku urang majalengka ngaraos bungah tinggal di majalengka lantaran majalengka kota nu ngajungjung elmu ibadah sareng seueur tempat rekresaina. Prestasi di widang pendidikanage tos hebat pisan . Ekonomi di majalengka ieu oge tos sae di mana seeur lowongan damel .

    Majalengka nyaeta ……………………..

    kota Gendeng ……………………

    jatiwangi Chayooooooooooooooooo…………….

    smpn one Nezat chayooooooooooooooooooooooooooo………………..

    Cisambeng Chayooooooooooooooooooooooooooo………………..

  43. Ergi mengatakan:

    Majalengka ………..

    Bisa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  44. yudi hartono mengatakan:

    kalo ada teman teman yang sekolah di sman talaga angkatan 91 92 salam kenal nya, semoga ada yang respon, kalo ada yang baca blog ini kasih jawaban, mari kita bangun majalengka kampung kita apaun bagus atau jelek saat ini, karena di sana tempat lahir, dan pensiun kita bro…….

  45. yudi hartono mengatakan:

    aku lihat jalan jalan di talaga majalengka udah bagus. dan kalo ada umur panjang lebaran kita ngumpul di talaga….. reuni sman talaga atau smpn talaga…. for all friend

  46. Asep Muhajir mengatakan:

    Saya sebagai warga yang lahir dan besar di Majalengka (kini menetap di Jakarta selepas SMA), merasa bahwa kota tercinta kita ini belum mampu menyamai kota-kota lain (bahkan ketika dibandingkan dengan kota-kota tetangga terdekat semisal Sumedang dan Kuningan) dalam beberapa hal, terutama dalam hal “keramaian”nya. Coba saja Anda bandingkan Majalengka dengan Sumedang, yang terkesan jauh lebih “ramai dan hidup”.

    Itu hanya merupakan pendapat pribadi saya…

  47. Asep Muhajir mengatakan:

    Abdi minangki warga anu lahir tur ageung di Majalengka (ayeuna dumuk di Jakarta ti saatosna SMA) ngaraos yen kota kadeudeuh urang ieu teh teu acan tiasa nyamian kota-kota sanesna (malihan upami dibandingkeun sareng kota-kota tatanggi nu pangcaketna sapertos Sumedang sinareng Kuningan) dina sababaraha rupi hal, pangpangna dina hal “karameanana”. Cobi wae geura bandingkeun Majalengka sareng Sumedang, nu katingalna teh langkung “rame sareng hirup”.

    Eta mung mangrupikeun pamendak sim kuring nyalira…

  48. Asep Muhajir mengatakan:

    Born and grew up in Majalengka (currently residing in Jakarta since graduation from High School), I’m under the impression that this beloved small town of ours cannot yet match some other cities (even when compared with several nearest neighboring cities, such as Sumedang and Kuningan) in a few things, one of which is in terms of the “livelihood” or something like that. You can just compare this city with Sumedang, which, as opposed to Majalengka, looks “livelier and alive”.

    That’s nothing more than a very personal opinion of mine.

  49. yuza mengatakan:

    abdi alumni SMAN 1 talaga angkatan 2003 anu di ganeas tea.
    ex IPA 1 kmaha daramang meni ga da kabarnya.?
    kita bikin reuni akbar yu dari angkatan 1-sekarang,, biar pada kumpul kayanya rame nh….
    BRAVO SMAN SATA (SATU TALAGA)
    ……………………..<<<<<>>>>>……………………

  50. yuza (cha) mengatakan:

    SALAM BWT SEMUA GURU2 DI SMAN 1 TALAGA…..

  51. yuza (cha) mengatakan:

    UNTK ANK2 PASKIBRA SATUAN SMAN SATA, SALAM 4 ALL……

  52. Boip mengatakan:

    Kumaha SMAN 1 Mejlengka kamana wae, abdi angkatan 87
    Maju terus majalengka sbag kota
    tukang gali
    tukang kiridit
    tukang ………………………..

  53. mahesa mengatakan:

    yang berkata majalengka kota pensiun teh saha…maneh teu nyaho nanaon berarti….sabab teu ulubiung dina urusan pangwangunan majalengka…coba ulah ngomong teuing atuh wanguntah majalengka teh…nyarios gampil…buktikeun atuh lamun anjeun pinter coba lah..nu pinter ayeuna loba tapi nu daek digawe beurat euweuh…heee…..sok lah da abdi mah saukur PNS alias Pagawe Nu Sare..heee

  54. rachma mengatakan:

    Akhirnya ketemu juga sama batur salembur. Baik buruk majalengka tetaplah kota kelaahiranku. Dan bangga lah. Meskipun kalo ada yang tanya asal trus aku jawab Majalengka, mereka pasti bingung. Jadi aku bilang kota yang diapit oleh sumedang dan cirebon.
    Pertanyaannya buat para warga yang sekarang sudah merantau…ada yang punya ide buat memajukkan majalengka biar tersohor?
    *untuk hal yang baik tentunya.

  55. rachma mengatakan:

    Akhirnya ketemu juga sama batur salembur. Baik buruk majalengka tetaplah kota kelaahiranku. Dan bangga lah. Meskipun kalo ada yang tanya asal trus aku jawab Majalengka, mereka pasti bingung. Jadi aku bilang kota yang diapit oleh sumedang dan cirebon.
    Pertanyaannya buat para warga yang sekarang sudah merantau…ada yang punya ide buat memajukkan majalengka biar tersohor?
    *untuk hal yang baik tentunya.

  56. zep zaki mengatakan:

    aya urang maja teu?

  57. rukmana mengatakan:

    saya juga anak majalengka, tapi saya lebih senang kalau majalengka tetap jadi tidak disebut “kota”.
    lebih banyak mudharatnya dari manfaatnya jika majalengka disebut kota.
    pertama ke bandung pun saya kecewa, orang bandung banyak yang tidak bisa bahasa sunda. padahal ini ibu kota sunda (:jawa barat).
    tapi itu cuma contoh kecil dari perubahan identitas menjadi “kota”.
    tentu anda lebih tahu, hal-hal negatif apa lagi kalau majalengka jadi kota.
    terimakasih.

  58. kang jajang mengatakan:

    da ari ceuk pemikiran kuringmah nu bodo…………….alusnanamah ibukota kabupaten mah kuduna d talaga,sok we geura pindahkeun deui ka asalna di talaga damoal nya teu maju atuh….da memeh aya majalengka oge pan talaga heula pusat pamarentahan jaman baheula teh lain?pasti jawabna lain lah…..

  59. abu faiza mengatakan:

    abdimah diajar nulis sareng ngeblog ah…
    wilujeng tepang wae abid putra maja

  60. Raffa mengatakan:

    toslah… lieur yeuh mikiranana…

  61. sudrajat mengatakan:

    Halo ip masih kenal teu ka urang, baheula kan saangkatan di SMA 1 Talaga, angkatan 1987. Ip mungkin udah lupa nya……… ya ip bener majalengka sebetul memiliki banyak potensi baik sda maupun SDM, hanya saja belum digali dan dimanfaatkan, akar permasalahannya ada pada masyarakat sendiri maupun aparatur pemerintahannya. Nah untuk itu perlu di petakan potensi sda apa saja, dimana dan bagiman pengelaolaannya lalau bagaiman dengan sdm yang ada apa mendukung atau tidak. Nah jika pemda majalengka maupu menganal potensi yang dimilikinya kami bisa membantu mengenali dan menampilkan dalam bentuk (SIG) sistem informasi geografi baik secara diginal maupun dalam bentuk lain. Oky ip dimana skarang kalau aku sekarang ada di jogya ya lagi merantu aja…………salam untuk angkatan 87 dan buat bapak ibu guru SMA I talaga kapan ke jogya lagi ya…….

  62. sudrajat mengatakan:

    Halo ip masih kenal teu ka urang, baheula kan saangkatan di SMA 1 Talaga, angkatan 1987. Ip mungkin udah lupa nya……… ya ip bener majalengka sebetulnya memiliki banyak potensi baik sda maupun SDM, hanya saja belum digali dan dimanfaatkan, akar permasalahannya ada pada masyarakat sendiri maupun aparatur pemerintahannya. Nah untuk itu perlu di petakan potensi sda apa saja, dimana dan bagiman pengelaolaannya lalau bagaiman dengan sdm yang ada apa mendukung atau tidak. Nah jika pemda majalengka mau mengenal potensi yang dimilikinya kami bisa membantu mengenali dan menampilkan dalam bentuk (SIG) sistem informasi geografi baik secara digital maupun dalam bentuk lain. Oky ip dimana sekarang ? kalau aku sekarang ada di jogya ya lagi merantu aja…………salam untuk angkatan 87 dan buat bapak ibu guru SMA I talaga kapan ke jogya lagi ya…….

  63. Cecep mengatakan:

    Saya orang majalengka asli, pastinya kadipaten.

    POTENSI / OPTIMISME ITU HARUS DIDUKUNG:

    1. SUMBER DAYA ALAM

    – PERTANIAN KITA PUNYA
    – SUMBER AIR BERSIH MEMADAI
    – INDUSTRI HANYA SEBAGIAN KECIL (SEDIKIT)
    – PETERNAKAN DAN PERIKANAN BELUM DIMAKSIMALKAN
    – PERTAMBANGAN ? DISINI KITA PUNYA MASALAH, PADAHAL KONTRIBUSI DUNIA PERTAMBANAN TERHADAP PEREKONOMIAN SUATU DAERAH SANGAT BESAR, KITA TIDAK PUNYA SUMBER MIGAS (INDRAMAYU PUNYA – MINYAK PERTAMINA), JUGA TIDAK ADA BATUBARA, SEMEN (ADANYA DI PALIMANAN ), EMAS, NIKEL, TIMAH, DAN BIJI BESI JUGA NOL.
    YANG KITA PUNYA PASIR, BATU KALI, BATU ALAM DAN BAHAN BANGUNAN LAIN YG NILAINYA KECIL SEKALI DIBANDINGKAN BAHAN GALIAN LAINYA.
    JADI SDA KITA KURANG MENDUKUNG

    2. SUMBER DAYA MANUSIA
    SDM KITA CUKUP MEMADAI HANYA SAJA KARENA POTENSI SDA KITA KURANG JADI MEREKA PADA KABUR KELUAR MAJALENGKA.

    3. LAINYA
    – STATSIUN TIDAK ADA
    – PELABUHAN TIDAK ADA
    – BANDARA INT DALAM RENCANA PEMBANGUNAN
    – PERBANKAN SEDIKIT
    – PASAR – SUPERMARKET – HIPERMARKET JG SEDIKIT
    – HOTEL SEDIKIT
    – FASILITAS UMUM (RUMAHSAKIT & SEKOLAH CUKUP MEMADAI)

    ANALISA :

    KONDISI SDA KITA AKAN MENYULITKAN KITA UNTUK BISA MAJU, SEPINTAR 2NYA SDM KITA TETAP KALAU TIDAK DIDUKUNG SDA AKAN KEDODORAN KARENA KITA MISKIN (SORRI)KECUALI KITA MENJAJAH DAERAH LAIN, SEPERTI HALNYA NEGARA2 YG MENJAJAH TIMUR TENGAH UNTUK MENDAPATKAN MINYAK – (TETAPI ITU KAN KASAR)

    JANGAN PESIMIS DULU, MASIH ADA PASIR, BATU ALAM N KALI,DLL KITA KELOLA DENGAN MAKSIMAL (JANGAN DISERAHKAN BEGITU SAJA KE SWASTA) PERHITUNGAN PAJAKNYA HARUS MENGUNTUNGKAN BAGI KITA – GUNAKAN SDM KITA YG HANDAL.

    KITA JUGA AKAN PUNYA BANDARA INT (2015)YG AKAN MERAUP
    KEUNTUNGAN BAGI DAERAH, MENYERAP TENAGA KERJA, MENJADI LAHAN USAHA BARU BAGI MASYARAKAT. HOTEL SECARA OTOMATIS AKAN BANYAK DIBANGUN JUGA INSFRASRUKTUR LAINYA SEPERTI JALAN DLL.

    BANDARA ADALAH HARAPAN KITA UNTUK MENJADIKAN MAJALENGKA MAJU, PEMB. BANDARA MEMUNGKINKAN SELANJUTNYA PEMBANGUNAN JALUR KERETA API KE ARAH CIREBON JATENG – JATIM INI KARENA KEBUTUHAN TRANSPORTASI.

    JADI MAJALENGKA DIPREDIKSI AKAN BENAR-BENAR MENJADI KOTA JASA BUKAN KOTA INDUSTRI ATAUPUN LAINYA.

    TAPI JANGAN SENANG DULU, BELUM TENTU MAJALENGKA BISA MENYAINGI DAERAH LAIN SEPERTI CIREBON (INGAT KITA TAK PUNYA SDA / ADA JG SEDIKIT, TAK ADA LALULINTAS AIR / PELABUHAN). PERLU DIKETAHUI PROFIT PELABIHAN ITU LEBIH BESAR DARI PADA BANDARA.
    BANDARA ITU SEBAGIAN BESAR UNTUK ANGKUT ORANG JD GA SEBERAPA HASILNYA DIBANDING PELABUHAN (LIHAT SAJA DI TJ. PRIOK JKT ATAU TANJUNG PERAK SBY ITU SANGAT BESAR DAN RAMAI).

    KESIMPULAN :

    KITA ADALAH ORANG INDONESIA, JANGAN TERLALU BERFIKIR PRIMORDIAL KEDAERAHAAN.

    SALAM
    CECEP KARNO

    • cheezar mengatakan:

      SETUJU KANG CECEP!!!
      SAYA DAPAT INFO MENARIK NIH DARI KOMENT NYA KANG CECEP….KOTA JASA!!!
      CUMA ADA YANG MENGGANJAL NIH…KESIMPULAN DARI PEMBACAAN SAYA TERHADAP KOMENT KANG CECEP ADALAH KOTA MAJALENGKA BUKAN KOTA ANUGERAH “SDA MELIMPAH”!
      MAJALENGKA ITU KOTA YANG HARUS BERSUSAH PAYAH “TAK BERMODAL”…HEHEHE
      TAPI APA JANGAN2 BUKAN KITA TIDAK DIBERI ANUGERAH SDA YANG MELIMPAH,,,,JANGAN2 KITA HANYA TIDAK TAHU, TIDAK MENGERTI SDA YANG TERPENDAM DI MAJALENGKA. YA MISALNYA HASIL ALAM, ATAU HASIL TAMBANG YANG MASIH TERTIMBUN TAK TERSENTUH KARENA KURANGNYA SDM KITA.
      SATU HAL YANG PERLU DITEGASKAN KANG CECEP…KREATIFITAS!SDM YANG PINTAR BILA TIDAK KREATIF TIDAK ADA HARGANYA UNTUK PERKEMBANGAN,PEMBANGUNAN PASTI JALAN DI TEMPAT.
      YANG KEDUA BARU AKAN LAHIR INOVASI, DI SINI BARU AKAN MENDULANG HASIL KERJA KERAS.

      DAN YANG TERAKHIR, MEMIKIRKAN DAERAH BUKAN BERARTI PRIMORDIAL, KARENA KONTEKS KITA ADALAH TETAP PEMBANGUNAN DAN PERKEMBANGAN BANGSA DAN NEGARA INDONESIA, DENGAN CARA MEMAJUKAN SETIAP DAERAH DENGAN MERATA DAN TIDAK TIMPANG.

  64. Dedy Setiadi mengatakan:

    Saya lebih cenderung Majalengka dijadikan tempat pendidikan.Jadikan Majalengka sebagai yogjakartanya Jawa barat.Majalengka jangan dikotori berbagai polusi, baik polusi material maupun polusi moral

  65. sudrajat mengatakan:

    Untuk memajukan Majalengka, sebenarnya terletak pada diri kita semua sebagai warga asli majalengka, walupun mungkin kita semua sudah tidak lagi tinggal di majalengka karena suatu pekerjaan, tetapi rasa memiliki majalengka sebagai sebagai tempat asal akan menjadi pendorong sesorang untuk memberikan masukan dalam pengembangankan potensi yang dimiliki majalengka. Jika kita pandangan secara geografi memang kota majalengka tidak terletak pada posisi strategis karena buka merupakan kota tujuan migran karena memang tidak dikembangkan sektor industri maupun jasa. Walaupun demikian, jika kita mampu membaca diri atau evaluasi diri mengenai potensi majalengka, saya pikir kita semua dapat mengembangkannya. Nah untuk itu indentifikan potensi, problem dan pemcahan masalah secara spasial sangat diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui potensi diri kita. Sebenarnya kita dapat bertanya, potensi apa yang kita miliki, dimana potensi itu berada,mengapa tidak berkembang, ada apa dengan potensi itu, kapan potensi ada dan dapat kta manfaatkan atau kembangkan dan banyak lagi pertanyaan lainnya.Dari beberpa pertanyaan itu, kita akan mendapat jawaban, jika mampu mengenali diri kita sendiri secara utuh. Bahkan jika kita, mampu menggunakan pendekatan spsial, regional atau konplek wilayah dengan memanfaatkan sintem informasi geografi (SIG) akan mempu mengenali dan mengembangkan potensi yang kita miliki tersebut. Oleh karena itu saya berharap analisis seperti inilah yang mesti kita perlukan agar mampu mengenali diri kita sendiri. Jika kita sudah mengenali diri kita sendiri dengan potensi yang dimiliki baru berkata mau dibawa keman kita, sektor primer, sekunder atau tersier sehingga kedepannya akan menjadi ciri keunikan atau ke khasan dari majalengka. Amin

  66. nuryanto mengatakan:

    pokona mah….RIGHT OR WRONG IS MY COUNTRY lah, dek disebut kota rabig mangga, kota angin sok, kota pensiun seug, kota ibadah silahkan saja…. da yang paling wajib me-mumule daerah sendiri adalah orang majalengka sendiri… hayu atuh urang majalengka, geura harudang, tandang makalangan, tong eleh ku batur, fastabiqul khoirot lah….. salam ti abdi urang Garawastu, Kec. Sindang (nembe dimekarkeun ti Kec Sukahaji), kab majalengka… nuju kuliah keneh jurusan kimia, di UIN jogja, ayeuna masih garap TA/skripsi… dulur-dulur nuhunkeun piduana, rojonganana, sumawona da kanu sadulur.. wargi majalengka keneh… 081392247053…barangkali ada yg mau berdiskusi tentang KIMIA dan sejenisnya, sangat saya nantikan… dalam rangka ngaheuyeuk dayeuh majalengka…nu dipicinta….

  67. Roy mengatakan:

    Salam kenal …
    Meskipun saya bukan orang Majalengka asli, tapi saya sangat kenal dengan perkembangan Majalengka dari taun ke taun … Majalengka yang saya kenal dari dulu, baru sekarang ini menurut saya ada perubahan besar atau “revolusi” terutama dari segi perekonomian, hal ini salah satu nya adalah bisa dikarenakan oleh faktor pimpinan sebagai pengambil kebijakan yang memiliki basic di bidang ekonomi. Meskipun belum satu tahun Bupati Majalengka sekarang menjabat, namun banyak sekali program atau perubahan yang sangat drastis beliau lakukan… akan tetapi kebijakan2 yang ditempuhnya terlalu dini dan bahkan sangat tidak memihak terhadap rakyat kecil dan menengah,,, dan tidak memperhatikan etika budaya bangsa yang beragama,,, sedikit contoh,,, Mesjid al Imam sebagai simbol ibadahnya masyarakat Majalengka kini dipenuhi dengan umat yang berkaos Merah, yang tadinya sudah baik menggunakan kemeja atau sejenisnya,,, meskipun hanya sekedar baju, tetapi dalam masalah ini sangat mencerminkan bahwa kebijakan pimpinan menghasilkan pola perilaku beribadah yang tidak santun terhadap Tuhannya,,, contoh yang kedua,,, hiburan setiap minggu menjadi roda perekoniman atau sumber pendapatan yang menggiurkan, ide ini sangat brilian dari seorang pemikir yang idealis, tapi bagaimana akibat jangka panjangnya, bahkan cenderung mendorong masyarakat untuk berjudi secara terbuka dengan cover ‘senam santai tahun 2009′ yang didalamnya ada undian untuk mendapatkan hadiah2 yang menggiurkan,,, dan masyarakat tidak menyadari bahwa hadiah utamanya “honda…” tidak lain adalah identitas dari sang pimpinan,,, luar biasa ini adalah gaya pimpinan yang diktaktor,,, belum lagi memangkas penghasilan rakyat kecil dan menengah lainnya ….

  68. Rini Irnawati mengatakan:

    Intina mah, Majalengka ayena mah hoyong katelah ka internasional tapi teu ngemutkeun patuangan urang leutik…. kunaon atuh Pa Tris, motongan jatah jalmi-jalmi alit, tunjangan di pararotong…!!! kunaon??? kaduhung milih bapak teh…

  69. Iman mengatakan:

    aing teu percaya ka bupati ayeuna mah!!!

  70. eka lufie Mrs mengatakan:

    Ijin saya ngambil wall yang bapak / ibu bikin….
    saya pergunakan untuk bahan informasi keluar daerah dengan menggunakan Fasilitas FaceBook dan web lainnya….tp tanpa ada yg dikurangi sedikitpun….
    mohon kerjasamana…
    demi MAJALENGKA kita yang tercinta terimakasih…..

  71. ceuk nu bodo mengatakan:

    mjlk loba korupsi

  72. hendra permana (LTNK) mengatakan:

    tolong jalan raya nya di perbaiki, terutama menuju rumah saya ya itu desa cikoneng indah bersih, tetapi jalanya kurang memadai

  73. hendra permana (LTNK) mengatakan:

    saurnateh majalengka seeur korupsi, ari kitumah sina burut atuh saumur-umur 7 turunan anu korupsina. jangan atuh nya, jangan korupsi nanti kalo korupsi saya pukul2 lho….

  74. alikemuning mengatakan:

    ya q juga sbagai orang majalengka turut senang atas rncana masa depan untuk kota majalengka,,,,separti rncana pembangunan bandara,,,,,ayo smangat orang majaengka demi kemajuan kota kita!!!!!!

  75. GUN mengatakan:

    Bagi sipa saja yg merasa orang Mjl yg ada di rantau yg merasa puya kemampuan untuk menggali potensi Mjl, coba atuh diberdayakan, bgi rekan2 yg udah lama meninggalkan Mjl, ana kasih imfo di Mjl sebetulnya ada potensi alam yang bisa dikembangkan nyaeta Kekayaan Alam “BATU ANDESIT” conon menurut hasil penelitian paling bagus di Indonesia, gan hanjakal nu ngembangkeun teh lain urang Mjl tapi malah orang Cirebon, hasil olahan pabrikna udah banyak di exspor ka luar negri,

  76. Yeni (SSE Student) mengatakan:

    Hm…………… Betul seeh apa yang dibilang dari beberapa paragraf di atas, namun sepertinya aku tak rela jika Majalengka terusik oleh sentuhan asing. Majalengka akanlebih nyaman jika keasriannya masih terjaga dengan indah, sehingga akan membuat kenyamanan yang khas. namun zaman sepertinya tak mengenal diam, ia akan terus senantiasa untuk merubah dan menyentuh daerah yang terpencil menjadi sebuah kota yang bergelimang kemewahan. Hal ini patut kitajaga sebagai warga Majalengka yang baik, walaupun suatu saat nanti kota Majalengka akan menjadi kota metropolitan ataupun kota internasional, namun budaya serta keasriannya harus tetap kita jaga dan lestarikan. ok!!!!!!!!!!111
    I love Majalengka

  77. Yeni (SSE Student) mengatakan:

    Hm……….Betul seeh apa yang dibilang dari beberapa paragraf di atas, namun sepertinya aku tak rela jika Majalengka terusik oleh sentuhan asing. Majalengka akanlebih nyaman jika keasriannya masih terjaga dengan indah, sehingga akan membuat kenyamanan yang khas. namun zaman sepertinya tak mengenal diam, ia akan terus senantiasa untuk merubah dan menyentuh daerah yang terpencil menjadi sebuah kota yang bergelimang kemewahan. Hal ini patut kitajaga sebagai warga Majalengka yang baik, walaupun suatu saat nanti kota Majalengka akan menjadi kota metropolitan ataupun kota internasional, namun budaya serta keasriannya harus tetap kita jaga dan lestarikan. ok!!!!!!!!!!111
    I love Majalengka

  78. robi hendrian mengatakan:

    10 tahun sudah tinggalkan kota kelahiran saya sudah saat kita bangun kota majalengka dengan akan adanya pembangunan Bandara kerta jati,kita kaum muda-mudi majalengka yang meratau mari kita bangun kota kelahiran tercita agar menjadi kota yang mandiri dan dapat dirasakan kemajuannya bukan hanya untuk masyarakat majalengka akan tetapi untuk indonesia

  79. getafe mengatakan:

    majalengka kota kumuh yang membangkang…

  80. alta mengatakan:

    mencari angkatan th 1990 sma negeri talaga majalengka

  81. ariel mengatakan:

    anda-anda jangan salah menilai kota majalengka ,karena dari pertama saya lahir di kota tercinta ini ,saya begitu banyak mendapatkan berita tentang kota majalengka yg di targetkan oleh alien sebagai pendaratan nya di bumi !!!

  82. cheezar mengatakan:

    haha maca ti luhur sampe ka handap komen2 na baragus oge kreatif pisan….aa2 teteh2 saya seneng bacana…suweer!!!

    faktanya tahun 2011 ini majalengka keur bebenah diri…hiji nu hayang dituju majalengka hayang hirup.

    sebagai anak majalengka, saya hayang milu bakti jeung bantu sabisana pikeun suksesna majalengka…
    hal ni kudu geura dilakonan nyaeta ningkatkeun mutu SDM..ah eta mah rek pejabat na atawa aktifis pendidikana, atawa tukang dagang na, tukang ojeg na, tukang maculna, sampe ka tukang sare na ge mun bisa mah dikembangkeun..heuheuy!
    kanyahokeun baraya,,,majalengka hanya tempat, rek dijadikeun naon2 na mah eta kumaha penghuni na….lain tugas pejabat wae, oge lain tugas tukang ngajar wae, ieu tugas urg kabehan…
    yu ah…sami2 urg mapag majalengka nu leuwih hade!

  83. abdullah mengatakan:

    saur tatanggimah majalengka teh nu pantesna di sebut kota korupsi teraman n kkn terayem n aman kanggo nyumput nu nyaliwang, hehe piss ah….

  84. dudung mengatakan:

    Saleresna mah tiasa majalengka teh siga kota-kota nu sanesna, tuh tingali geuning tos mulai aya pabrik garmen, pabrik keramik (terra cotta), pabrik roko oge tos nyanding kantun kumaha para abdi dalem memberdayakan SDA sareng SDMna kahade teu kenging kanggo kapentingan pribadi matak doraka. Harudang rahayat majalengka beunta urang ngejat ngahontal cita-cita tong molor teuing sia teh.
    Punten da bongan caricing wae pamarentah teh, rajeun hayang jadi PNS kudu nyadiakeun artos mangpuluh-puluh juta, cik naon eta teh namina? Suap ari kudu dibejakeun mah. Leungitkeun heula budaya eta kumaha bupati teh malah pura-pura teu nyaho.

  85. asep iyan pribadi mengatakan:

    Majalengka,kota yang sepi,tapi bagi saya majalengka adalah kota yang tentram,damai,( ya cocok untuk weekend pluss ketemu keluarga)

    • Bagaimanapun kndisi majalengka saat ini yg psti aq slu merindukannya, krn mjl adalh tmpt dmn aq telah lahirnkan, teusanaos abdi tos ngalih ti majalengka namun abdi slu mendudukan & mendoakn akn kmajuan kota urang sarerea. insyallh upami tiasa ngabntu ker pmbangunan n kmajuan kota mjlk abdi siap ngabntos janten sukarelawan. hehe,,,

  86. Ipen mengatakan:

    Pokona mah Majalengka Kota Indah ,,,

  87. cahya putra Galuh mengatakan:

    aku orang majalengka
    Rajagaluh

    aku bangga jadi orang majalengka,.’ sekarang udah banyak perubahan
    majalengka pasti maju
    insa allah
    kita optimis…’ untuk membangun kan majalengka dgn semangat kita insa allah
    majalengka maju

    kita liat tanggal main nya

  88. ewo Alibaba steak & iga bakar mengatakan:

    majalengka adalah sebuah kota yg banyak mel
    ahirkan Chef & koki handal,terutama dari desa Padahanten kec Sukahaji.

  89. yatiharpin mengatakan:

    Hidup majalengka, khusus bagian utara, banyak pabrik yg sedang dibangun, ini akan meningkatkan taraf hidup masyrakat sekitarnya.
    walau jauh sy, selalu mengikuti perkembangan majalengka hingga kini, semoga agribisnis dan industri bisa bekerjasama dalam membangun kota majalengka, dengan tetap menjaga kelestarian alam. salam buat karuhun di panjalin, terutama blok sinanghaji kulon, dimana tempat sy dilahirkan. hidup panjalin, hidup sumberjaya, hidup majalengka.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: